Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5 6 7 8

Rabu, 03 November 2010

Komputer Super

Saat ini kalian tentu sudah mengenal komputer. Bahkan, mungkin banyak di antara kalian yang memilikinya di rumah. Mesin hitung ini dapat digunakan untuk bermain dan belajar matematika, kimia, fisika maupun pemrograman komputer.

Komputer memang telah menjadi bagian tidak terpisahkan pada kehidupan modern seperti sekarang. Komputer dapat menghadirkan hiburan seperti film, musik dan aneka permainan (games). Di perkantoran, komputer telah menggantikan peran mesin ketik yang dulu sering dipakai untuk mengetik surat.

Selain itu, kemampuan komputer sebagai mesin hitung tidak diragukan lagi. Pemakaiannya pun meluas mulai dari supermarket, bandara, universitas hingga berbagai lembaga penelitian.

Di rumah sakit (hospital), dokter juga memanfaatkan komputer. Misalnya untuk mempelajari tubuh pasien yang hendak dioperasi. Sebelum melakukan pembedahan, dokter memindai tubuh pasien menggunakan mesin pemindai (scanner) CT (Computed Tomography) maupun MRI (Magnetic Resonance Imaging). Data dari mesin tersebut diolah komputer dan diubah menjadi gambar visualisasi tubuh sang pasien. Dengan mempelajari gambar tampilan di layar monitor komputer, dokter dapat menentukan langkah-langkah medis yang akan dilakukannya.

Nah, lalu apa sih superkomputer itu? Apa bedanya dengan komputer yang kita kenal sehari-hari? Apa yang membuatnya jadi super? Komputer apa yang paling perkasa? Agar tidak semakin penasaran, kita bongkar yuk rahasianya!

Mesin super untuk militer dan penelitian

Superkomputer adalah komputer yang memiliki kecepatan penghitungan jauh lebih unggul daripada komputer biasa yang kita kenal sehari-hari. Dari segi fisik, ukurannya sangat besar. Biasanya perlu ruangan khusus untuk menempatkannya.

Dengan keunggulan yang dimilikinya, superkomputer digunakan untuk menangani berbagai masalah super-rumit. Di antaranya adalah untuk membuat ramalan cuaca yang akurat. Bisa juga dipakai untuk membuat simulasi peledakan senjata nuklir, untuk penelitian astrofisika, elektronika skala nano (nanoscale electronics), komputasi biokimia, kimia kuantum dan bahkan untuk merancang desain kendaraan yang lebih baik.

Hmm, lalu siapa ya yang memakainya?

Superkomputer memang tidak dipakai oleh orang kebanyakan. Mesin hitung canggih yang super ini hanya dipakai oleh kalangan tertentu saja. Biasanya sih dari kalangan militer dan peneliti sains.

Mesin super yang hanya kenal 0 dan 1

Di balik kecanggihannya, teknologi dan cara kerja superkomputer mirip seperti komputer rakitan biasa. Yap! Pada dasarnya, superkomputer merupakan mesin digital seperti halnya komputer laptop yang kamu gunakan. Mesin digital ini menggunakan cara berhitung yang sederhana namun pintar.

Keduanya hanya mengenal dan berhitung menggunakan dua angka yaitu 0 dan 1. Hmm.., ini seperti keadaan listrik yang hanya mengenal "padam" dan "nyala". Dengan hanya mengolah angka 0 dan 1 maka komputer bisa bekerja dengan cara yang lebih sederhana. Proses berhitungnya pun bisa menjadi sangat cepat.

Sistem bilangan yang hanya menggunakan dua angka disebut sistem biner (binary). Angka 0 dan 1 masing-masing disebut bit (singkatan dari binary digit). Bit inilah yang menjadi satuan dasar informasi pada sistem komputer. Selain bit, dikenal pula istilah lain yaitu byte. Byte adalah deretan delapan buah bit.

Memori dan prosesor di superkomputer

Bit dan byte menjadi bentuk data yang disimpan di dalam memori komputer. Semakin banyak byte yang bisa diolah di memori komputer, maka akan mempercepat proses penyelesaian suatu masalah.

Memori yang dapat menampung banyak data dan prosesor yang dapat bekerja super cepat merupakan komponen penting dari hardware (perangkat keras) superkomputer.

Kekuatan dua komponen inilah yang membedakan superkomputer dengan komputer biasa.

Linux dan UNIX di superkomputer

Selain hardware, bagian yang tidak kalah penting adalah software (perangkat lunak). Sedangkan software terpenting adalah sistem operasi. Dengan adanya sistem operasi inilah kita bisa mengendalikan komputer secara mudah.

Pada komputer biasa, sistem operasi yang sering dipakai adalah Windows, aneka jenis Linux dan Mac OS X. Pada superkomputer, sistem operasi yang banyak digunakan adalah Linux dan UNIX.

Perlombaan superkomputer

Pada kurun waktu beberapa tahun terakhir ini beberapa perusahaan pembuat komputer saling berlomba untuk membuat superkomputer yang tercepat. Contohnya adalah superkomputer ASCI White. Superkomputer buatan IBM ini menjadi mesin hitung yang tercepat pada tahun 2000.

Pada tahun 2002, superkomputer Earth Simulator berhasil mengungguli ASCI White. Earth Simulator dibuat oleh NEC. Superkomputer ini ditempatkan di Earth Simulator Center, Yokohama, Jepang.

Pada tahun 2003, System X membuat kejutan. Meski hanya menempati urutan 3, superkomputer dari Virginia Tech ini pantas diacungi jempol. Selain berbiaya murah, ternyata System X diselesaikan hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan. System X dibuat dengan "merangkai" sejumlah komputer Mac. Sistem operasi di dalamnya adalah Mac OS X.

Pada tahun 2004, kemampuan Earth Simulator dilampaui oleh Blue Gene/L yang dibuat oleh IBM. Superkomputer Blue Gene/L digunakan untuk memecahkan berbagai masalah sains, terutama sains biomolekuler.

Tahun 2008, Roadrunner menjadi pemegang rekor sebagai superkomputer tercepat. IBM menggunakan sistem operasi Linux yaitu Red Hat Enterprise Linux dan Fedora untuk mengendalikan Roadrunner. Superkomputer ini berada di DoE-Los Alamos National Laboratory, New Mexico, Amerika Serikat. National Nuclear Security Administration mengoperasikan Roadrunner untuk penelitian senjata nuklir, sains, industri otomotif dan pesawat.

IBM Roadrunner masih tetap menjadi superkomputer tercepat pada tahun 2009.


Sumber : Disini

Related Post



0 komentar:

Ubah Bahasa


English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung

msn spaces stats

Yang Berkunjung

free counters

Yang Lagi Online

Yang Online Hari ini

Facebook

 

Reader Community

Galery Photo