Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5 6 7 8

Senin, 31 Mei 2010

Guru Harus ‘ICT Literate’ (Melek TIK)

Undang-Undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa setiap guru HARUS dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kepentingan penyelengaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.

Kompetensi guru di bidang TIK juga merupakan salah satu yang dipersyaratkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2009, Bab II bagian Kesatu Pasal 3, yakni bahwa guru harus menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. Pada Peraturan Pemerintah tersebut juga dijabarkan bahwa guru harus kompeten dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dan mampu mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.

Sejalan dengan itu, Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan pada Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, melalui program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Up-grading) antara lain melakukan upaya meningkatkan keterampilan menggunakan komputer bagi guru yang tergabung dalam KKG (Kelompok Kerja Guru) dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), yang meliputi kemampuan menggunakan perangkat lunak pengolah naskah (wordprocessor), pengolah angka (spreadsheet), slide presentasi, serta kemampuan menjelajah internet dan menggunakan email.

Sekolah dalam hal ini sepertinya sudah cukup responsive dalam bersikap, yaitu dengan cara melengkapi diri dengan sarana dan prasarana pendukung ICT yang memadai seperti computer, LCD projector, dan jaringan internet. Tetapi sepengamatan saya, sekolah yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana memadai tersebut sering tidak diiringi dengan kesiapan para guru untuk memanfaatkannya sebagai media pendukung pembelajaran secara optimal, sehingga peralatan TIK tersebut masih terkesan hanya dijadikan pajangan sebagai simbul kekinian teknologi. Kalaupun ada guru yang memanfaatkannya, itupun baru satu-dua saja dari sekian banyak guru. Sungguh hal ini sangat ironis.

Ayo bangkit saudara-saudaraku seprofesi. Mari jadikan ICT sebagai salah satu alternative berinovasi. Setidaknya dalam mengajar mari kita mulai menggunakan multimedia presentasi.
DIarsipkan di bawah: ICT, Motivasi | Ditandai: ICT, multimedia

Related Post



0 komentar:

Ubah Bahasa


English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung

msn spaces stats

Yang Berkunjung

free counters

Yang Lagi Online

Yang Online Hari ini

Facebook

 

Reader Community

Galery Photo