Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5 6 7 8

Kamis, 25 Februari 2010

Pengertian Holistik

Holistik adalah saduran kata dari bahasa Inggris yaitu “Holistic” yang menekankan pentingnya keseluruhan dan saling keterkaitan dari bagian-bagiannya.

Jika kata holistik ini dipakai dalam rangka pelayanan kepada orang lain yang membutuhkan maka mempunyai arti layanan yang diberikan kepada sesama atau manusia secara utuh, baik secara fisik, mental, sosial dan spiritual mendapat perhatian yang seimbang.

Kembali pada hakekat penciptaan, Tuhan menciptakan manusia itu tidak hanya memperhatikan fisiknya saja, atau mentalnya saja, atau sosialnya saja atau bahkan hanya spiritualnya saja. Tetapi utuh. Keutuhan ciptaan Allah kepada manusia ini yang kemudian menjadi background dikembangkanya pelayanan pastoral kepada manusia.

Maka dalam ilmu kedokteran sekarang ini, seorang dokter tidak bisa hanya memberikan kesembuhan sebatas aspek fisiknya saja, tetapi mereka sudah mulai diperlengkapi dengan pemahaman tentang kesembuhan secara total.

Lihat saja….jika kita masuk di bilik-bilik rumah sakit, kebanyakan sudah ada satu pelayanan yang dikembangkan yaitu pelayanan pastoral. Supaya perawatan yang diberikan meliputi keempat aspek yang ada dalam diri manusia. Si pasien tidak hanya sembuh secara fisik tetapi secara mental, social dan spiritualnya. Apalagi jika kita tahu bahwa latar belakang sakit yang diderita oleh seseorang bukan hanya karena penyakit fisik tetapi bisa karena beban hidup yang dialami.

Demikian pula jika kita ingin memberikan layanan kepada orang lain yang membutuhkan, kita perlu mendasarkan pelayanan kita kepada keutuhan empat aspek tersebut. Aspek fisik, mental, sosial dan spiritual.


Related Post



0 komentar:

Ubah Bahasa


English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung

msn spaces stats

Yang Berkunjung

free counters

Yang Lagi Online

Yang Online Hari ini

Facebook

 

Reader Community

Galery Photo